Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU

  • Lies Andriani Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Analisis, Kesalahan mahasiswa, Himpunan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matemaika dalam menyelesaikan soal-soal materi  himpunan dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal materi  himpunan. Penentuan subjek menggunakan teknik  purposive sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga puluh satu orang yang diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Semester satu TA. 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak lima butir soal. Berdasarkan hasil penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan adalah data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan, selain dari 7 kategori yaitu mahasiswa tidak menjawab soal.  Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa adalah kesimpulan hilang sebesar 29,03%, data hilang sebesar 20,97% dan konflik level respon sebesar 17,74%. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi himpunan adalah mahasiswa belum paham dengan beberapa konsep bilangan, belum memahami operasi himpunan beserta simbolnya, dan belum mahirnya dalam membuktikan suatu pernyataan. Hal ini juga disebabkan mahasiswa malu bertanya di dalam kelas mengenai materi yang sebenarnya mereka telah pelajari sehingga mengakibatkan mahasiswa menjawab berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya.

Kata kunci: Analisis, Kesalahan mahasiswa, Himpunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariyani, M. (2014). Konsep Dasar Matematika. Pekanbaru: Benteng Media.
Ischak dan Warji. (1987). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Kristayulita & Nurhardiani. (2011). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Persamaan Diferensial Orde-1 pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial dengan Panduan Kriteria Watson. Jurnal Tadris Matematika (Beta). 4 (1), 30-52. Nusa Tenggara Timur, UIN Mataram.
Masykur, M & Fathoni, A.H. (2007) Mathematical Intelegence. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mirza, A. (1998). Analisis Kesalahan Belajar Matematika. Pontianak: FKIP UNTAN.
Mujayanti, N. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Published Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Paskalis, Y. W. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII D dan VII E SMPK Maria Fatima Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2007/2008. Jember: Universitas Jember.
Poerwadarminta, W. J. S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwadarminta, W. J. S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sriati, A. (1994). Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA (Pengkajian Diagnosa). Jurnal Kependidikan. Jogjakarta
Sudjana, N. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2009) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunarsi, A. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar. Published Thesis. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Published
2019-12-11
How to Cite
Andriani, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 550-562. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.146
Share |