Pengaruhh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Miftahul Huda
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan monopoli berpengaruh atau tidak untuk hasil belajar siswa SMK Miftahul Huda. Adapun sampel penelitian yang digunakan ialah siswa untuk kelas X jurusan Teknik Audio Video (TAV) yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif melalui pretest dan posttest. Hipotesis awal yang ditetapkan oleh peneliti adalah tidak adanya perbedaan signifikan yang terjadi pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran TGT dengan menggunakan media monopoli. Hipotesis tersebut diujikan menggunakan uji-t dua sampel berpasangan. Hasinyal uji-t dengan menggunakan SPSS dam diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05. Menunjukkan bahwasannya H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa saat menerapkan model pembelajaran TGT menggunakan media TGT. Dengan perbedaan ini, hasil pembelajarannya sangat besar ini dapat pula dikatakan bahwasannya pembelajarann Team Games Tournament (TGT) ini menggunakan monopoli berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Downloads
References
Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Monopoli. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 295–300. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6028
Agustin, Y. D., Yuniasih, N., & Wahyuningtyas, D. T. (2021). Pengaruh Tgt Berbantuan Media Monopoli Elektronik Terhadap Hasil Belajar Daring Kelas Iv Sdn 1 Patokpicis Malang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 3(1), 69. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.4547
Aje, A. U. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division (STAD) & Team Games Tournament (TGT). CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=VjB-EAAAQBAJ
Andi sulistio, s.s, M. pd. ., & Dr nikHaryanti, D. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. In Visipena Journal (Vol. 2, Issue 1, pp. 21–27). https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Dendo, A., Purwati, T., Prasetyo, N. E., & Sefaverdiana, P. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbantuan Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 211–216. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1538
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dara Fitrah Dwi 1 , Rika Audina 2 Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. 2(2014), 94–106.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Firdaus, Sari, D. I., & Aini, N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Pesantren pada Materi Himpunan di MA Raudlatul Mutaqin. 07(52), 3177–3190.
Galura, I. A., Mujasam, & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari. Pancaran, 17(2), 103–118.
Gumilang, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah
Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Lestari, A. T. (2022). Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Penerbit P4i. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=9hx9eaaaqbaj
Lutfianah, N. L. (2018). Penerapan Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas 3 Sd. 1–5.
Minuchin. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yangmaha Esa Presiden Republik Indonesia (Vol. 4, Issue 1).
Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2020). Pembelajaran Matematika Sekolah. Penerbit Nem. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=0ofveaaaqbaj
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772
Purwanto, E. (2023). Model Pembelajaran Matematika di Era Milenium Ketiga. Garudhawaca. https://books.google.co.id/books?id=wGreEAAAQBAJ
Ramadhan, Ilham. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ips Di Smp." 2023.
Rimawati, I., Ritiauw, S. P., & Johannes, N. Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Terehdap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas V SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 287–296. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue2page287-296
Safarina, E. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tgt Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Kerjasama. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 32. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2558
Sari, Y. P., Lusa, H., & Gunawan, A. (2020). Pengaruh Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 229–236. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236
Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Sya’adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073
Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78
Umayah, R., & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis PAIKEM dalam Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1023–1037.
Copyright (c) 2024 Moh Sa'id, Nur Aini S.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.