Integrasi Budaya Aceh Kedalam Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Siti Hadijah STKIP Bumi Persada Lhokseumawe
  • Laksmi Aulia STKIP Bumi Persada Lhokseumawe
  • Cut Yuniza Eviyanti STKIP Bumi Persada Lhokseumawe
Keywords: Integrasi, Budaya Aceh, Media Pembelajaran Interaktif,, PTK, Bilangan Bulat

Abstract

Dimasa pandemi proses pembelajaran tidak dimungkinkan untuk dilakukan secara langsung atau secara tatap muka. Agar proses pembelajaran tetap dapat berjalan sesuai tujuan pembelajaran diperlukan adanya media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung siswa melaksanakan kegiatan belajar dirumah. Namun media pembelajaran berbasis teknologi yang beredar saat ini sangat terbatas. Salah satu penyebab keterbatasan ini yaitu ketidaksesuaian media pembelajaran yang ada dengan karakteristik siswa atau dengan materi yang akan diajarkan. Untuk itu diperlukan media pembelajaran matematika berbasis teknologi yang sesuai dengan karateristik siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan kebudayaan lokal yaitu kebudayaan aceh. Pentingnya mengintegrasikan budaya lokal kedalam media pembelajaran matematika adalah untuk pengenalan dan menambah kecintaan siswa terhadap budayanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN 33 Banda Aceh menggunakan media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dipakai adalah PTK. Instrumen yang digunakan dalam ujicoba yakni Lembar validasi Media Pembelajaran, lembar tes, dan angket respon siswa. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ketuntasan hasil belajar matematika meningkat hal ini diketahui dari rata-rata skor hasil belajar matematika  pada tes pengetahuan materi prasyarat adalah 44,64, kemudian rata-rata skor hasil belajar matematika pada siklus I adalah 66,18, dan meningkat menjadi 72,73 pada tes hasil belajar matematika siklus kedua.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish.

Drs.Rudi Susilana, M.Si. & Cepi Riyana, M. P. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Hartono, Y., & Sriwijaya, U. (2013). Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.

Hendra, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Media Komputer Model Tutorial Interaktif Pada Materi Trigonometri Kelas X-6. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.19

Husein, S., Herayanti, L., Studi, P., Fisika, P., & Mataram, U. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 221–225.

Ogochukwu, N. V. (2010). Enhancing students interest in mathematics via multimedia presentation. 3(July), 107–113.

Rohmah, R. N., Ayu, W., Permata, M., & Galih, D. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Pengembangan Mantri Caino : Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 103–116.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., Rosidin, U., (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills Dalam Meningkatkan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 950–963.

Siamy, L., Syazali, M., Kandis, W., Lampung, B., & Interaktif, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. 962 Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–117.

Tondeur, J., Braak, J. Van, & Valcke, M. (2007). Two worlds apart ? 38(6). https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2006.00680.x

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(edisi 1). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112.

Yusup, M. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Interaktif Berbasis Komputer Di SMA Muhammadiyah 1. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 35–44.
Published
2020-11-10
How to Cite
Hadijah, S., Aulia, L., & Eviyanti, C. (2020). Integrasi Budaya Aceh Kedalam Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1143-1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.337
Share |