UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 2 SDN 133 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING)

  • Muslina Muslina SDN 133 Pekanbaru
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Langsung

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh siswa. Masalah yang ditemukan oleh peneliti dari gejala-gejalah yang diamati peneliti adalah masih kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa dalam materi pembagian. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui model Pembelajaran Langsung (Direct Learning). Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa SD kelas 2 SDN 133 Pekanbaru Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mulai dari tahap pra tindakan sampai ke siklus 2 dengan peningkatan secara klasikal pada siklus kedua adalah 83.33% yang tuntas dalam tes pemahaman kosep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Paul Eggen dan Don Kauchak, terj Satrio Wahono, 2012, Startegi dan Model Pembelajara, Jakarta: Permata Puri Media.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Cet XV. Bandung:Ramaja Rosdakarya
Published
2017-10-11
How to Cite
Muslina, M. (2017). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 2 SDN 133 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 92-99. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.60
Share |