Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP

  • Teti Trisnawati Universitas Primagraha
Keywords: Bahan Ajar, Etnomatematika

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut guru untuk megikuti perkembangan teknologi dalam proses belajar dan mengajar. Pendekatan etnomatematika yang digunakan dalam bahan ajar ini digunakan untuk mengenalkan potensi budaya lokal di Banten. tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dengan pedekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten pada pokok bahasan barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmen. Bahan ajar pada pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli pendidikan matematika, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli budaya. Selanjutnya, bahan ajar diujicobakan pada siswa kelompok kecil. Subjek uji coba adalah 18 siswa kelas VIII SMP IT Darussalam. Hasil validasi penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli pendidikan matematika berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,12%, validasi ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,5%, validasi ahli bahasa berada pada kualifikasi sangat baik dengan 94,23%, validasi ahli budaya berada dikualifikasi sangat baik dengan 93,75%, dan uji coba kelompok kecil berada kualifikasi sangat baik dengan 82,23%. Dengan demikian, bahan ajar dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten dapat digunakan sebagai alternatif pilihan pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas VIII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaali & Mulyono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo (Gramedia Widiasarana).

Djaali dan Muljono. 2004. “Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.” Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Edy Tandililing. 2013. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (P-25):193–202.

Fajriyah, Euis. 2018. “Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi.” PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika 1:114–19.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).” In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Pertiwi, Isnaindah Jasmine and Mega Teguh Budiarto. 2020. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):438–53.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Shirley, L. 2001. “Ethnomathematics as a Fundamental of Instructional Methodology.” Zdm, 33(3), 85-87.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Ubayantii, Chandra et al. 2016. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Sero (Set-Net) : Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat.” Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya 1(2007):12–21.
Published
2022-01-13
How to Cite
Trisnawati, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 282-290. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.739
Share |