Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara

  • Mesak Ratuanik STKIP Saumlaki
  • Selina Feninlambir Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
Keywords: Geogebra, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Diperlukan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami konsep yang diajarkan dan mengkomunikasikan ide atau alasan, sehingga salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran discovery learning  yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mencari tahu tentang suatu permasalahan dan menemukan solusinya berdasarkan pada hasil pengolahan dan informasi yang dicari dan dikumpulkannya sendiri, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan baru yang dapat digunakannya dalam memecahkan persoalan yang relevan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada prinsipnya dimaksudkan untuk penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan software geogebra pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena peneliti bertindak secara langsung dalam penelitian, mulai dari awal sampai akhir tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 1 Tanimbar Utara yang berjumlah 26 siswa, sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan penerapan pembelajaran menggunakan software geogebra dengan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar observasi keterlaksanaan pembalajaran, pedoman wawancara siswa, bahan ajar dan lembar evaluasi berupa Lembaran kerja siswa kuis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan pemanfaatan software geogebra ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tanimbar Utara, pada materi lingkaran dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cahyo. Agus N, (2013). “Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler” Bandung: Diva Prees

Gunarto. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: unissula Press.

Hanafiah dan Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana (2017). Kemampuan Pemahaman Mateamtika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana H. Rohaeti, E.E, & Sumarmo, (2017). hard skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Adlayakan Pritama.

Heruman. (2014).model pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Junianta. Paulus Dwi.(2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat-sifat tabung dan Prisma Kelas V SD Kansius Jetisdepek Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mesak Ratuanik, (2021). Pemahaman Calon Mahasiswa Baru Program Studi
Pendidikan Matematika Stkip Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 05, No. 02, Juli 2021, pp. 1322-1331

Rusman. M (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta Raja Grafindo Persada.

Sari. Denti Novia., dkk. (2016). Komunikasi Bimbingan Orang Tua Pada Anak Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Profesional FIS UNIVED.3 (1): halaman 58-70.

Slameto. (2013) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengharuinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri (2015). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sundayana Rostina. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-03-23
How to Cite
Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105-1119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1042
Share |