Pengembangan Media Komik Matematika SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam mengembangkan komik matematika dan kepraktisan penggunaan komik dalam pembelajaran matematika untuk siswa SMP. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode Borg and Gall. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat komik , validasi ahli, uji coba subjek, dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian di bagi menjadi dua kelompok, yaitu subjek uji coba skala kecil berjumlah 12 orang dan subjek uji coba skala besar berjumlah 71 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi sebesar 85,23% % dinyatakan sangat baik, dan validasi oleh ahli media sebesar 79,57% dinyatakan baik. Hasil uji praktikalitas dilihat dari hasil belajar siswa, angket respon belajar dan angket motivasi dengan menggunakan statistik deskriptif. Untuk hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,9 yang artinya berada dalam kategori baik, dan untuk angket respon belajar siswa mendapat 82,14% yang dinyatakan sangat baik dan untuk angket motivasi siswa mendapatkan 81,43% dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik ini praktis digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Downloads
References
Fatimah, F., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3114
Hadi, S. (n.d.). PEmbelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa Sd Kelas Iv Semen Gresik. 33.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). PENGembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Leong, K. E. (2013). Factors that Influence the Understanding of Good Mathematics Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 9(3), 319–328. https://doi.org/10.12973/eurasia.2013.939a
Mallia, G. (1997). The Use of Comic Strips in Adult Education Practice, in Baldacchino, G & Mayo, P (Eds.) Beyond Schooling. Mireva Publications.
Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250–259. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1319
Pardhan, H., & Mohammad, R. F. (2005). Teaching Science and Mathematics for Conceptual Understanding? A Rising Issue. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.12973/ejmste/74658
Rusiyanti, R. H. (2011). PEngembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Melatih Kemampuanberpikir Kritis Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.598.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: A brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02. https://doi.org/10.22323/2.08040202
Wahyuningsih, A. N. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. JPP, 1(2), Article 2. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1533
Yezita, E., Rosha, M., & Yerizon. (2012). Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. 1(1), 6.
Copyright (c) 2020 Mayu Syahwela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.