Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat

  • Agnes Septiana Srintin Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: pengembangan media, permainan kartu, operasi bilangan bulat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media permainan kartu umino dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, Evaluations) yang akan digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini diuji cobakan kepada siswa kelas VII di SMP Sion Blora dengan subjek 15 siswa yang sudah menempuh materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan dengan cara tes, penyebaran angket kepada siswa, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi kelayakan aspek materi, lembar validasi kelayakan media, lembar kepraktisan, lembar pendapat siswa. Hasil analisis data dari validator dan pendapat siswa kartu umino ini dapat mengasah otak siswa dalam berhitung karena mereka dapat belajar sambil bermain tanpa merasa jenuh. Penggunaan media pembelajaran kartu umino berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut membuktikan bahwa permainan kartu umino menarik minat belajar dan memudahkan siswa untuk belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Danang Setyadi, Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga

Helti Lygia Mampouw, Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Aka, K.A. Model-model Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://belajarpendidikanku.blogspot.co.id/2013/02/model-model-pengembangan-bahan-ajar.html)
(Online), http://eprints.uny.ac.id/14247/3/BAB%20II.pdf
Padamu, Admin. 2016. Design Pembelajaran Model ADDIE. (Online), (https://www.padamu.net/desain-pembelajaran-model-addie), diakses 01 September 2016.
Umar, Eva. 2012. Teori Model ADDIE dan ASSURE. (Online), (https://evaumarmpd.wordpress.com/2012/10/25/teori-model-addie-dan-assure/), diakses 25 Oktober 2012.
Rahmati, rosary dan siti khabibah. 2016. “Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 1 No.5 tahun 2016
Fredy dan Sunarto, S. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan bulat Kelas IV SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta”. Jurnal Prima Edukasia. Volume 1 No.2 2013.
Lestari, U.P., dkk. 2015. “Penggunaan SET MODEL dan Permaianan Remi BILBUL dalam Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas IV SD”. Jurnal Sekolah Dasar. Tahun 24 No.2 November 2015 halaman (187-198).
Muslimin, dkk. 2012. “Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Kreano. Volume 3 No.2 Desember 2012.
Batubara, Hamdan H. 2015. “Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat”. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 1 No.1 Oktober 2015
Published
2019-05-13
How to Cite
Srintin, A., Setyadi, D., & Mampouw, H. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126-138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89
Share |