Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Gajah Mada Medan

  • Lairani Dwi Alvira Universitas Negeri Medan
  • Faiz Ahyaningsih Universitas Negeri Medan
  • Ani Minarni Universitas Negeri Medan
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Resiliensi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Siswa, Tes berpikir kritis matematis dan Angket Resiliensi Matematis. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-A dan uji coba II di kelas VIII-B SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran Contextual Teaching and Learning meliputi RPP, BS, LKPD, TKBKM, Angket Resiliensi Matematis yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrumen perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan menunjukkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,58 untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan 0,51 untuk resiliensi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borich, G. . (1994). Observation Skill for Effective Teaching. Mac Millian PublishingCompany.

Cockroft, W. H. (1982). Mathematics Counts, Report of the Committee of Inguiry Into the Teaching of Mathematics in Schools. Her Majesty’s Stationery Office.

Cornelius, M. . (1982). Teaching Mathematics.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physcis, Indiana University.

Hariati, M. E., Sinaga, B., & Mukhtar. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Cendekia: Jurna Pendidikan Matematika, 6(1).

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Perdana Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Komala. (2017). Mathematical Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Instruction Integrasi Peer Instruction. Jurnal Mosharafa, 6(3).

Kurniasih, A. . (2017). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano, 3(2).

Minarni, A., Napitupulu, E. E., D.L, S., & Annajmi. (2020). Kemampuan Berfikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Harapan Cerdas Publisher.

Nughroho, P. . (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksponen, 7(2).

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak Prenadamedia Group.

Salih, M. (2013). Konsep Pemikirandan Kemahiran Berpikir Kritis dalam Pemikiran Kritis dan Kreatif. Penerbit Universitas.

Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model pembelajaran matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Universitas Negeri Surabaya.

Sunandar, A. (2016). Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa. Seminar Nasional Matematika X.

Susanto. (2012). Metode Penelitian Sosial. Remaja.

Trianto. (2011a). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada KTSP. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011b). Model Pembelajaran terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Ulfa, W. D. (2016). Resiliensi pada Mahasiswa yang memiliki Orang Tua Tunggal.
Published
2022-07-29
How to Cite
Alvira, L., Ahyaningsih, F., & Minarni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2253-2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1621
Share |