Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa

  • Siska Susilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Concept Matematis

Abstract

Terbentuknya kemampuan berpikir kreatif pada pribadi siswa, akan membuat pembelajaran matematika yang dianggap sulit bertahap akan menjadi pelajaran yang menyenangkan, karena dengan berpikir kreatif siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan cara sendiri tanpa adanya pemikiran yang terfokuskan dengan satu penyelesaian. Selain kemampuan kognitif, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi proses pembelajaran seseorang yaitu kemampuan afektif salah satunya self-concept. Self-concept merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki setiap siswa karena akan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal dan bersungguh-sungguh dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari self-concept matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa MTsN 1 Kota Serang. Prosedur penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap penyusunan laporan. Pada penelitian ini terdapat siswa yang memliki self-concept matematis yang berbanding terbalik dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematisnya. Terdapat siswa yang self-concept tinggi namun kurang kratif dan adapaun siswa yang self concept rendah namun termasuk katagori kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N. S., & Zanthy, L. S. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN SELF CONCEPT SISWA MTs PADA MATERI HIMPUNAN. Journal On Education, 01(03), 252–259.

Calhoun, & Acocella, D. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian Diri dan Hubungan Kemanusiaan (E. Terjemahan, Ed.). Semarang: IKIP Semarang Press.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1).

Hendriana, H., & Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa (1st ed.). Bandung: Refika Aditama.

Munandar, U. (2012a). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. (2012b). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Prihatiningsih, M., Ratu, N., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Analisis tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent 1,2. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 353–364.

Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. InfinityJ Urnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 19–30.

Rimlah, S., & Novtiar, C. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT. Nusantara of Research, 05(April), 9–15.

Salamor, R. (2013). Pembelajaran Group Investigation Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Retrieved November 11, 2019, from http://repository.upi.edu/

Simanjuntak, L. (2009). Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND). Bandung: Afabeta.

Supardi, & Leonard. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. FMIPA Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Published
2020-06-27
How to Cite
Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512-525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244
Share |