Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif

  • Natasya Yoesepa Dwi Utamo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yani Setiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kesalahan Siswa, Himpunan, Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan dilihat dari gaya kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP DAAR EL-ROFA. Intrumen dalam penelitian ini diantaranya tes GEFT, soal Himpunan dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan siswa tipe field independent terdapan pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melihat kembali. Sedangkan siswa dengan tipe field dependent melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencna penyelesaian masalah, dan melihat kembali. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa tipe FI lebih sedikit dibandingkan dengan siswa tipe FD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barlian, Eri. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabima Press.

Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26-30.

Khairunnisa, R., & Setyaningsih, N. (2017). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender (Pada Kelas Vii SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan langkah Polya siswa kelas vii SMP. PRISMA, 6(1), 9-16.

Malau, L. 1996. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas I Smu Kampus Nommense Pematang Siantar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Terapan Siswa Persamaan Linier 2 Variabel. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: IKIP Malang.

Mulyadi, Riyadi dan Sri Subanti. 2015. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. ”Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/6180/4276).

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Wahyuni, S., Tandiayuk, M. B., & Hamid, A. (2016). Penerapan Langkah- Langkah Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dikelas Vii SMP Negeri 2 Sigi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Aksioma, 5(3).

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Wijaya, Yeni Kurnia dan Setyaningsih, Nining. (2018). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi. Surakarta: UMS.
Published
2021-08-16
How to Cite
Utamo, N., Sukirwan, S., & Setiani, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2702-2710. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.675
Share |