Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs

  • Mira Sudiarti University of Riau
  • Syarifah Nur Siregar Universitas Riau
  • Elfis Susanto Universitas Riau
Keywords: Media Pembelajaran, model pengembangan ADDIE, Transformasi

Abstract

Mempelajari materi transformasi mengharuskan siswa berfikir abstrak. Namun berdasarkan fakta dilapangan, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam memahami konsep dari materi transformasi, hal ini karenakan oleh lemahnya praktek pengajaran materi transformasi didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan Smart Apps Creator 3 pada materi transformasi untuk siswa kelas IX SMP/MTs yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), serta model pengembangan yang dipakai dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi media pembelajaran dan angket respon siswa. Setelah media pembelajaran dikembangkan, selanjutnya divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran dari validator. Diperoleh nilai rata-rata validasi sebesar 3,77 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dikategorikan sangat valid. Media pembelajaran yang telah valid kemudian dilakuan ujicoba dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa diperoleh presentase pada uji coba kelompok kecil 91,8% dan presentase pada uji coba kelompok besar 94,88% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data menunjukkan bahwasanya media pembelajaran telah valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas IX SMP/MTs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran Cetakan Kelima. Bandung: PT Rosdakarya.

Ardinata, I. D. G. P., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2020). Pengembangan GeoGebra untuk
Materi Transformasi Geometri Berorientasi Strategi IKRAR dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(1), 87–96.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2).

Febrian, F., & Perdana, S. A. (2017). Memfasilitasi Penalaran Geometri Transformasi Siswa Melalui Eksplorasi Motif Melayu dengan Bantuan Grid. Jurnal Gantang, 2(2). https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.250

Habibah, A., Roza, Y., & Zulkarnain. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Ineraktif Untuk Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP/Mts. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Oktober, 1–14.

Hadi, S. (2014). Visualisasi Konsep Barisan Bilangan Real. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.1.87-100

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027

Istiqlal, M. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samuder.

Latifah, M., & Khabibah, S. (2017). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Dan Kemampuan Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3).

Ma’rifah, C., & Qohar, A. (2020). Keaktifan Siswa pada Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Papan Rotasi (Partasi) Materi Transformasi Geometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4). https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.525

Novrika, D., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2016). Desain Pembelajaran materi Refleksi menggunakan motif kain batik untuk siswa kelas VII. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November.

Ramli Abdullah. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1).

Ratnaningsih, N., Nuradriani, M., & Nurazizah, I. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN BERBANTUAN I-SPRING DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS ANDROID. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(02). https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.7

Sumiharsono , R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Tunnisa, M., Rizal, M., & Karniman, T. S. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Transformasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IXA SMPN 1 Tanantovea. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(4).

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Published
2024-04-20
How to Cite
Sudiarti, M., Siregar, S., & Susanto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 899-912. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2135
Share |