Pengaruh Motivasi Belajar dan Formasi Duduk Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Asessmen Pembelajaran Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar dan formasi tempat duduk dalam ruangan kuliah terhadap hasil belajar dalam hal ini pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada mata kuliah asesmen pembelajaran matematika. Sampel penelitan ini adalah 54 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi bivariate. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan formasi duduk terhadap hasil belajar mata kuliah asesmen pembelajaran matematika.
Downloads
References
A.M. Sardiman. (2013). Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. 12. https://www.e-jurnal.com/2013/12/cara- meningkatkan -motivasi- belajar-anak.html
Anni, C. T. (2011). Psikologi Belajar. UPT UNNES Press.
Endriani, A. (2014). Penataan Lingkungan Fisik Kelas. Motivasi Belajar. https://id.scribd.com/doc/268096851/Jurnal Motivasi Belajar/2014/pdf
Hamalik Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Hamdu, G. dan A. L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. (Studi kasus terhadap siswa kelas IV SDN Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12(No 1).
Kusnah. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I dengan Variasi Kelas di SDIT Izzatul Islam Getasan. STAIN Salatiga.
Munif, C. dan I. (2013). Sekolahnya Manusia.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Suryani, N. &, & Leo, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Ombak.
Thalib. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas dan Posisi Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Statistik Pendidikan. Jurnal Kreatif Tadulako.
Yamin, Martinis, H. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Gang Persada Press.
Copyright (c) 2020 Stefania Baptis Seto, Maria Goretty D. Bantas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.