Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX

  • Naomi Angelita Sutopo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: GeoGebra Classroom, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra Classroom sebagai penguatkan pemahaman konsep siswa pada materi translasi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media GeoGebra Classroom. Subjek pada penelitian ini adalah 15 siswa SMP kelas IX. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan angket pendapat siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil yang validasi media dengan nilai validitas rata-rata 4,35 serta memiliki nilai rata-rata hasil kepraktisan media sebesar 4,35 yang termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes siswa setelah menggunakan media GeoGebra Classroom sebagai media pembelajaran pada materi translasi, berdasarkan uji t-test dari pretest dan posttest menunjukkan nilai p=0,000 (p< 0,05) atau rata-rata pretest dan posttest adalah berbeda. Nilai p< 0,05 dengan hasil belajar pada posttest (95,93) lebih baik dari pretest (63,33), sehingga media ini temasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan analisis data kepraktisan diperoleh rerata skor 43,5 dengan rerata skor semua aspek 4,4 dan termasuk dalam kategori praktis. Dari hasil analisis angket pendapat siswa mendapatkan skor 3,3 yang menyatakan siswa setuju bahwa media pembelajaran GeoGebra Classroom mendukung dan mempermudah proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif dan praktis jika digunakan untuk menjadi media pembelajaran materi translasi untuk siswa tingkat SMP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiudi, M., Basir, M. A., Kusmaryono, I., Maharani, H. R., Saputro, B. A., & Wijayanti, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Jurnal ABDINUS, 417-428.

Anggraeni, E. R., Ma'arufi, & Suaedi. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 43-55.

Anitah, S. (2012). Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Branch, R. (2009). Instructional design the ADDIE approach. USA: Springer.

Bu, L., & Schoen, R. (2011). Model-Centred Learning Pathways to:Mathematical Understanding Using geogebra. (Vol. 1). (J. M. Spector, K. Morgan, & N. M. Seel, Eds.) Rotterdam: Sense Publisher.

Dewa, E., Mukin, M. U., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring
Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 351-359.

Hikmah, R. (2017). Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Jurnal SAP, 271-280.

Ilyas, M. (2015). Deskripsi hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat
ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent . Pedagogy, 77–89.

Kowiyah, S., & Sakti, E. (2018). Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model problembased learning dan model ekspositori. 327–336.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Malang: CV . IRDH.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

NCTM, N. C. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: VA: NCTM.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh model pembelajaran reflektif dengan pendekatan matematika realistik bernuansa keislaman terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 203-210.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 73-80.

Widiawati. (2019). Desain pembelajaran menggunakan tessellation berbasis pendekatan saintifik pada materi translasi dan refleksi. Judika Education, 80-90.
Published
2021-12-13
How to Cite
Sutopo, N., & Ratu, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.971
Share |