Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan

Main Article Content

Ufi Dwidarti
Helti Lygia Mampouw
Danang Setyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Indikator kesulitan dalam penelitian adalah kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam menerapkan prinsip dan kesulitan dalam keterampilan. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Kristen Satya Wacana  tahun ajaran 2018/2019, yaitu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi dan berkemampuan matematika sedang masih mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip dan keterampilan, sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan prinsip, dan keterampilan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Abidin, Zamal. (1989). Studi Tentang Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita. Tesis. Malang: PPs IKIP Malang [Online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/writingandspeaking/ presenting/2063170-soal-cerita matematika/#ixzz2JWYZfHO2. (6 Maret 2018).
Adilistiyono, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan. [Online]. (11 April 2018).
Evijayanti, Widya. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial.
Listyana, Ariyanto, dan Khotimah R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Rumus-Rumus Segitiga pada Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten. [Online]. Diakses 2 Maret 2018.
Mudjiono dan Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Permatasari, dkk. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII. Kadikma, 6, (2), 119-130. Diakses 2 Maret 2018.
Pratiwi, W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Online]. Diakses 6 Maret 2018.
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel DI SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(5).
Sholekah, L. M. A., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).