Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik

  • Rahmat Hidayat Universitas Riau
  • Atma Murni Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
Keywords: Learning Tools, Problem Based Learning Models, Mathematical Literacy Capabilities

Abstract

Penulis an ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan acuan kurikulum 2013 serta kurangnya kemampuan guru dalam memilih model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum 2013. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem based learningyang memenuhi syarat valid dan praktis dalam  memfasilitasi kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi SPLDV. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kampar Kiri Hilir. Model yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, desseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD) serta angket respon peserta didik untuk instrumen keparktisan. Hasil penulis an dan pengembangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah validdan praktis.Hasil validasi silabus mencapai 94% dengan kategori sangat valid,RPP mencapai 93% dengan kategori sangat valid, LKPD mencapai 85% dengan kategori sangat valid.Artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diujicobakan. Perangkat pembelajaran ini memenuhi syarat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan rata-rata hasil angket respon peserta didik mencapai 89%%berada pada kategori sangat praktis.Artinya perangkat yang telah diujicobakan mudah digunakan dan dapat dipahami oleh peserta didik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkansudah memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, N., Roza, Y., & Murni, A. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 62-72.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.

Dzulfikar, A., Asikin, M., & Hendikawati, P. (2012). Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).

Halim, A. 2017. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple. Edusains, 4(2).

Jumanta, H. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khoirudin, K., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dan Learning Trajectory yang Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207-218.

Kusumah, Y S. (2011). Literasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA: Pengembangan Pembelajaran MIPA Berorientasi Soft Skill. Bandar Lampung.

Putra, T. T. (2012). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Retno, A. T. P., Saputro, S., & Utami, B. (2015). Pengembangan media pembelajaran buletin dalam bentuk buku saku berbasis hirarki konsep untuk pembelajaran kimia kelas XI materi hidrolisis garam. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 74-81.

Rika, S. (2018, January). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sa’dun, A. (2013), Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang pada Siswa Kelas III SD. Inovasi, 19(1), 8-17.

Sugiyono. (2012). Metode Penulis an Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240.

Tan, O. (2009). Problem-Based Learning and Education. Learning. Singapore.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2021-09-25
How to Cite
Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017-3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373
Share |

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>