Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

  • Mukhti Randa Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Universitas Riau
  • Putri Yuanita Universitas Riau
Keywords: perangkat pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, pendekatan Recipcoral Teaching

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa berdampak pada rendahnya kemampuan matematis lainnya seperti kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan berpikir kreatif matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika  menggunakan pendekatan recipcoral teaching yang  valid dan  praktis dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa  SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, perancangan, pengembangan,  dan implementasi. Ujicoba dilaksanakan dua  tahap, yaitu ujicoba ahli, dan ujicoba terbatas. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi dan lembar angket respon  siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas dan praktikalitas. (1) hasil validitas menenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kategori sangat valid  dengan nilai rata-rata pada silabus sebesar 3,81, pada RPP sebesar 3,62, pada LKPD sebesar 3,51,  pada instumrn tes sebesar 3,45. (2) hasil ujicoba terbatas menunjukkan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan pada kategori sangat praktis sebesar 3,41.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(1), 49-57.

Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2).

Delyana, H. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Penerapan Strategi The Firing Line dalam Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Dimyati, A. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model SSCS Problem Solving dengan Metode Hypnoteaching. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 1-15.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Risnawati, S. P. M. (2008). Pekanbaru.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Rokiah, S., Elindra, R., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di MTs. AL-Mukhtariyah Sungai Dua Portibi. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 35-42.

Sa’dun Akbar. 2013, Instrumen Perangkat Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. Semarang: Unnes.

Yuniarti, T., Riyadi, R., & Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Published
2020-11-12
How to Cite
Randa, M., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1197-1206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352
Share |

Most read articles by the same author(s)