Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring

  • Nastiti Kusumaningtyas Universitas Negeri Malang
  • I Nengah Parta Universitas Negeri Malang
  • Hery Susanto Universitas Negeri Malang
Keywords: Kemampuan, Penalaran, Penyelesaian Masalah, Segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah segiempat pada saat pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian diikuti oleh 20 siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kencong. Selanjutnya dipilih 6 sampel yang terdiri dari 6 subjek yaitu dua subjek yang mememiliki kemampuan matematis tinggi, dua subjek yang mempunyai kemampuan matematis sedang, serta dua subjek yang mempunyai kemamuan matematis rendah untuk kemudian dilakukan wawancara secara daring menggunakan aplikasi Whatssapp. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematika segiempat dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi juga memiliki kemampuan penalaran matematis yang tinggi. Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang juga memiliki kemamuan penalaran matematis sedang. Siswa dengan kemampuan matematika rendah juga memiliki kemampuan penalaran matematis rendah. Selain itu, siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi bisa memberikan lebih dari satu jawaban dalam memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hidayat, C. S. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 4(7), 923-937.

Abdurrahman, S. (1999). Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: PT. Rineka CIpta.

Ardhiyanti, E. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Cendekia, 3 (1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ario, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Educational Research, 5(2), 125-134.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education Inc.

E. Rohaeti, B. M. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Aplication untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open Ended. Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2), 95-108.

Hidayat W., H. I. (2018). Adversity Quotient (AQ) dan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 4, 230-242.

Melin, K. (2015). Profil Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas X SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika , 4(2).

Mualifah, A. N. (2014). Profil Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Endd Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(1).

Muharrom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe
Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten
Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 1.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher of Mathematics Inc.

Nur Fitri, B. H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa dengan Wawancara Klinis pada Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5).

Nurkhaeriyah T. S., E. R. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTS di Kabupaten Cianjur pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 827. doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.vli5.p827-836

Parta, I. N. (2016). Karakteristik Berpikir Analitik Mahasiswa dalam Memrcahkan "Masalah Sederhana". Malang: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pascasarjana UM. doi:https://doi.org/10.13140/RG

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.

Salmina, M. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41-48.

Suciati, D. (2015). Profil Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46.
Published
2021-12-29
How to Cite
Kusumaningtyas, N., Parta, I., & Susanto, H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 107-119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1019
Share |